Beberkan Alasan Haji Batal, Rizal Ramli: Pemerintah Belum Bayar Tagihan

326
Rizal Ramli

Pengamat ekonomi, Rizal Ramli membeberkan alasan pemberangkatan ibadah haji dibatalkan. Menurutnya, pembatalan tersebut bukan hanya faktor pandemi melainkan juga lantaran pemerintah belum membayar sejumlah tagihan kepada Arab Saudi.

Pernyataan Rizal Ramli terkait alasan haji batal tersebut ia sampaikan lewat sebuah video yang kini tengah beredar luas di media sosial.

Salah satu netizen yang ikut membagikan video itu yakni pengguna Twitter AbabilYunda, seperti dilihat pada Jumat 4 Juni 2021.

“Si Cadel : Haji tdk dilarang Arab Saudi, tapi RI dah bangkrut, dana Haji ditilep, blom bayar Tagihan Saudi,” kata netizen AbabilYunda dalam narasi cuitannya.

Menurutnya, pernyataan Rizal Ramli tersebut adalah hoaks. Maka dari itu, ia meminta kepada Polri agar menciduk ekonom senior itu lantaran telah membuat gaduh masyarakat.

“CCICPolri DivHumas_Polri Cyiduk orang-orang penebar hoax goreng isu haji ini, bikin gaduh masyarakat,” tulisnya.

Dilihat dari video tersebut, tampak Rizal Ramli tengah berdiskusi dengan politisi sekaligus komedian Dedi Gumelar atau lebih dikenal Miing Bagito.

Awalnya, Miing menyoroti soal Indonesia yang belum masuk dalam daftar negara yang diizinkan Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

“Kita tidak masuk di dalamnya, kebayang gak dalam sejarah peradaban Indonesia. Negara mayoritas Islam tapi gak bisa menjalankan ibadah haji,” ujar Miing Bagito.

Menanggapi hal itu, Rizal Ramli pun mengatakan bahwa Indonesia dilarang menunaikan ibadah haji bukan hanya karena pandemi Covid-19 melainkan ada sejumlah tagihan yang belum dibayar pemerintah RI ke Arab Saudi.

“Itu luar biasa. Kita dilarang bukan hanya karena pandemi Covid-19 tapi ada tagihan-tagihan yang harus dibayar tapi pemerintah Indonesia belum bayar,” ungkapnya.

Selanjutnya, Rizal Ramli dalam tayangan video itu juga menyebut bahwa dana haji yang sudah disetor jemaah Indonesia ditilap untuk membangun infrastrukur.

“Dana haji ditilap, dipakai buat infrastruktur. Kemudian dana LPS juga sama, iya kan dan ini cepat atau lambat akhirnya nanti akan jadi masalah,” ujarnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : Terkini

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here