Kirim SMS Peringatan Dini Tsunami, BMKG Minta Maaf: Terjadi Kesalahan Sistem

124

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengirimkan pesan singkat berisi peringatan gempa besar dan potensi tsunami di Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, dan NTB. Pesan berantai tersebut kemudian menghebohkan publik.

Terkait itu, Kabag Humas BMKG Ahmad Taufan Maulana menyebut ada kesalahan sistem yang terjadi di BMKG. Dia pun meminta maaf atas keresahan SMS tersebut.

“Tidak benar, info tersebut salah. Mohon maaf terjadi kesalahan system pengiriman TEST–Peringatan Dini Tsunami di JATIM,NTB,BALI,NTT,JATENG,…::BMKG,” kata Taufan saat dikonfirmasi Suara.com, Kamis (27/5/2021).

Sementara Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyebut kejadian ini tengah diinvestigasi.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, karena saat ini hasil monitoring BMKG tidak sedang terjadi gempa M8,5 di wilayah Indonesia.Secara ofisial BMKG tidak mengeluarkan Peringatan DIni Tsunami. Permasalahan sedang diinvestigasi,” tambah Daryono.

Gempa Besar dan Tsunami

Dalam SMS yang diterima Suara.com, disebutkan bahwa akan terjadi gempa magnitudo 8,5 pada 4 Juni 2021 mendatang sekitar pagi hari yang disusul gelombang tsunami.

“Peringatan Dini Tsunami di JATIM NTB BALI NTT JATENG Gempa Mag:8.5 04-Jun-21 10:14:45WIB Lok:10.50LS 114.80BT Kdlmn:10Km::BMKG,” tulis SMS KominfoBMKG seperti, Kamis (27/5/2021).

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here