Mileanies 2024 Siap Deklarasi, Berpotensi Rebut Simpatisan Prabowo-Sandi di Sulsel

194

MAKASSAR — Loyalis Anies Baswedan yang menamai dirinya Mileanies 2024 mulai garap basis di Sulawesi Selatan. Tak tanggung-tanggung, manuver mereka telah dalam tahap pemantapan membentuk struktur kerja di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Dan tak menutup kemungkinan jaringan ini akan bekerja secara nasional. Gubernur DKI Jakarta itu menjadi salah satu figur yang punya kans di Pilpres 2024. Survei elektoralnya selalu bertengger di 5 besar top survei. Bahkan tak jarang Anies mengungguli figur besar lainnya.

Sosiolog Universitas Hasanuddin Makassar, DR Sawedi Muhammad mengamati, gerakan Mileanies di Makassar memiliki berbagai keunggulan strategis.

“Pertama, Sulsel adalah basis suara Prabowo-Sandi sebagai penantang Jokowi saat Pilpres yang lalu,” kata Sawedi kepada fajar.co.id, Kamis (20/5/2021).

Dikatakan, basis suara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto itu dapat direbut Anies mengingat Prabowo-Sandi telah masuk gerbong Jokowi-Maruf, sesuatu yang dapat dianggap sebagai pengkhianatan bagi para pemilih Prabowo-Sandi di Pilpres yang lalu.

 

“Simpatisan Prabowo-Sandi di Sulsel dikenal sangat militan dengan mobilitas yang tinggi. Hijrahnya Prabowo ke kubu Jokowi sebagai pembantu presiden dapat memberi kesan meremehkan aspirasi politik masyarakat Sulsel yang memilihnya,” ujarnya.

 

Kedua, lanjut Sawedi, Sulsel tidak hanya sebagai gerbang Indonesia Timur, tetapi juga sebagai poros politik yang menjadi rujukan atau referensi yang memiliki dampak elektoral yang kuat di wilayah Timur Indonesia.

Selanjutnya, adanya kecenderungan Partai Nasdem sebagai pendukung utama Anies Baswedan akan menjadi magnet tersendiri bagi pemilih di Sulsel.

“Mesin politik Partai Nasdem di Sulsel dikenal sangat solid lengkap dengan logistik yang memadai untuk kerja-kerja politik jangka panjang,” jelas Sawedi lagi.

 

Keempat, upaya Nasdem merayu Partai Golkar untuk mendukung Anies sudah mulai kelihatan. Apabila kedua partai ini solid, bisa dipastikan Sulsel dan Indonesia Timur akan menjadi basis utama pemenangan Anies.

“Yang terakhir, secara personal, Anies Baswedan memiliki kedekatan emosional dengan Jusuf Kalla. Kedekatan ini menjadi modal sosial bagi Anies untuk dapat diterima secara politik baik di Sulawesi maupun di Indonesia Timur,” pungkasnya.

Sebelumnya, inisiator Mileanies 2024, Muhammad Ramli Rahim mengklaim sejauh ini sudah banyak kalangan yang menyatakan kesediaannya bergabung dalam gerakannya mengantar Anies menuju Calon Presiden di Pilpres 2024.

“Pada dasarnya kita sudah banyak yang mau, jaringan kita sudah ada di seluruh Indonesia, kita semua ingin Anies Baswedan maju Pilpres dan sama-sama kerja memenangkannya,” ucap Ramli, lugas.

Kedepan, Mileanies 2024 tinggal menggelar deklarasi jika semua jaringan telah disatukan. Rencananya Juli mendatang sudah siap deklarasi dan memulai kerja-kerja elektoral. (endra/fajar)

Sumber Berita / Artikel Asli : FAJAR

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here