PAN DIY Tolak Merapat ke Penguasa: Itu Pengkhianatan Aspirasi Konstituen

325
Partai Amanat Nasional (PAN)

Yogyakarta – Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin menyayangkan sikap PAN di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan yang akhirnya merapat ke pemerintah. Nazaruddin menyebut PAN bisa mengkhianati aspirasi para konstituennya bila berkoalisi dengan pemerintah.

“Apa yang saya suarakan adalah suara mayoritas konstituen PAN DIY. Kalau DPP akan membawa kapal PAN berlabuh ke kekuasaan, itu pengkhianatan terhadap aspirasi konstituen dan akan membuat PAN semakin dijauhi rakyat,” kata Nazaruddin melalui pesan singkat, Senin (11/5/2020).

Nazaruddin mengatakan para konstituen partai berlambang matahari itu memilih PAN karena menjadi pihak yang mengkritisi pemerintah.

Menurutnya yang dia suarakan selama ini merupakan kritik terhadap DPP. Menurutnya kritik ini merupakan hal yang wajar.

“Selama ini yang saya suarakan adalah kritik kepada DPP. Apakah berbeda pendapat itu merupakan pelanggaran terhadap aturan partai?” tanyanya.

Dia juga protes disamakan dengan karakter sengkuni jika akhirnya memilih mundur dari PAN. Nazaruddin pun menegaskan jika pilihannya itu bukan karena baper kongres.

“Kalau toh nanti harus berpisah jalan, itu karena perbedaan prinsip dalam perjuangan. Bukan karena baper kongres. Narasi para penjilat di PAN justru yang baper kongres,” paparnya.

Sebelumnya, sinyal terbentuknya partai baru mencuat usai Hanafi Rais mundur dari PAN. Putra sesepuh PAN, Amien Rais itu mundur karena disebut kecewa atas hasil Kongres PAN yang kembali memenangkan Zulkifli Hasan sebagai Ketum.

Hal itu tertuang dalam surat bermaterai atas nama dirinya tertanggal 5 Mei 2020. Dalam surat itu disebut pasca kongres pada Februari lalu, Hanafi Rais menaruh harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan kader.

Dalam surat itu disebutkan Hanafi menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan anggota DPR RI Fraksi PAN periode 2019-2024. Surat tersebut dibenarkan oleh loyalis Amien Rais, Agung Mozin.

“Bener banget. Iya total mundur (dari kepengurusan, Ketua Fraksi PAN, dan anggota Fraksi PAN DPR RI periode 2019-2024),” ungkap Agung kepada detikcom, Selasa (5/5).

Sumber Berita / Artikel Asli : Detik

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here