Anak Buah Anies Telusuri Air Laut Teluk Jakarta yang Mengandung Parasetamol

249

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Science Direct menemukan air laut di wilayah Teluk di Jakarta mengandung konsentrasi paracetamol tinggi. 

 

Disebutkan bahwa konsentrasi tinggi paracetamol di Angke yaitu 610 nanogram per liter, dan Ancol 420 ng/L.

Menanggapi hal ini, Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan berterima kasih kepada para peneliti dan akan mendalami temuan ini.

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu menjelaskan, Pemprov DKI akan mengecek parameter apa saja yang dipakai dalam penelitian ini.

Sebab selama ini parameter yang digunakan hanya bersifat umum seperti mengukur kadar logam. Selain itu juga ada nilai BOD (Biological Oxygen Demand) dan COD (Chemical Oxygen Demand) sebagai parameter yang kerap diuji dikarenakan sebagai penduga adanya pencemaran dalam limbah walaupun bukan sebagai penentu.

“Kalau parasetamol bukan parameter yang standar ya. cuman memang si perisetnya meneliti yang lebih spesifik, mungkin karena punya pengalaman tertentu makanya kepikiran ke arah sana,” kata Yogi kepada wartawan, Jumat (1/10).

Untuk diketahui, ini adalah studi pertama yang menganalisis gambaran kualitas air laut berkaitan dengan kontaminasi parasetamol di perairan pesisir sekitar Indonesia.

Meski begitu, para ilmuwan menyebut studi gambaran awal ini masih membutuhkan analisis lebih lanjut.[]

Sumber Berita / Artikel Asli : rmol

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here