10 Cara Merawat Mobil Matic Kesayanganmu Agar Tetap Prima

92
Mobil Matic

Salah satu hal yang menjadi momok ketika mempunyai mobil adalah terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan. Belum lagi saat harus memperbaikinya, pengeluaran pun jadi membengkak karena biaya servis yang mahal. Beda jenis dan usia kendaraan, beda pula biaya perbaikannya. Bahkan, jika mengalami kerusakan total, bisa jadi mobilmu sudah tidak bisa lagi diperbaiki. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada berbagai cara merawat mobil matic yang bisa kamu lakukan agar kendaraan kesayanganmu tetap prima dan berumur panjang.

  1. Panaskan mobil dengan rajin

Jangan sepelekan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari. Sebab, dengan memanaskan mobil, kondisi mesin jadi tidak mudah terganggu. Kamu bisa memanaskan mobil saat pagi hari, baik saat hendak digunakan maupun tidak sama sekali. Langkah ini bisa dibilang salah satu cara merawat mobil matic yang sederhana, tapi memiliki dampak yang besar bagi panjangnya usia mobilmu.

2.Ganti oli mesin dengan teratur

Mengganti oli mesin secara teratur merupakan salah satu cara merawat mobil matic kesayanganmu, terlebih bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi dengan jarak tempuh yang jauh. Pastikan untuk mengganti oli mesin setiap jarak tempuh sudah mencapai 80.000 km sampai 100.000 km. Gunakan oli yang tepat, yaitu oli khusus mobil matic.

3. Perbaharui oli mesin sesuai waktu

Selain oli mesin, oli transmisi juga perlu diperhatikan dalam perawatan mobil matic. Ganti pelumas setelah mobil memiliki jarak tempuh minimal 25.000 km dan maksimal 50.000 km. Pemilihan oli transmisi pun harus khusus untuk mobil matic dan disesuaikan dengan petunjuk jenis dan ukuran oli dari produsen mobil.

4. Ganti oli transmisi setelah terkena banjir

Masih bicara tentang oli, mengganti oli transmisi usai terkena banjir amat penting untuk menjaga kondisi mobil matic. Sebab, banjir menyebabkan banyak air yang masuk ke gearbox. Jika diabaikan, gangguan pada gear atau transmisi bisa terjadi pada mobil kesayanganmu.

5. Servis mobil tepat waktu

Selalu bawa mobil matic milikmu untuk mendapatkan servis secara tepat waktu sesuai dengan instruksi pada buku panduan. Dengan demikian, mobilmu akan tetap prima dan tidak mudah bermasalah karena kondisi mesin yang selalu diperbaharui.

6. Selalu kontrol kondisi valve

Gasket transmisi seringkali mengalami kerusakan atau kebocoran. Maka dari itu, selalu lakukan pengecekan sejak dini terhadap mobil matic milikmu. Kerusakan atau kebocoran valve kerap terjadi akibat pemindahan tuas yang terlalu kencang maupun hentakan gas.

7. Gunakan persneling dengan tepat

Penggunaan persneling yang baik juga menjadi salah satu cara merawat mobil matic kesayanganmu. Misalnya, gunakan persneling ‘P’ (Parking) ketika mobil benar-benar telah berhenti. Hindari memindahkan tuas ke bagian ini jika mobil masih berjalan. Sementara ketika mobil berhenti atau parkir, jangan masukkan persneling ‘D’ (Drive). Dengan begitu, bagian persneling dan kopling mobil akan terhindar dari risiko gampang rusak.

8. Lakukan pengecekan transmisi

Kinerja transmisi dapat kamu periksa sendiri dengan cara sederhana, yaitu dengan mengubah posisi tuas transmisi dari atau ke ‘D’ dan ‘R’ dan diikuti dengan melepaskan rem mobil dengan perlahan. Jika tidak terdapat masalah pada sistem transmisi, mobil matic akan berjalan secara otomatis.

9. Lakukan uji jalan secara berkala

Demi merawat mobil matic kesayanganmu, lakukanlah uji jalan selama beberapa bulan sekali. Jika mobil mengeluarkan suara bising atau guncangan ketika kamu memindahkan tuas persneling, kemungkinan besar ada permasalahan pada transmisi. Dengan menguji secara berkala, risiko kerusakan yang semakin parah bisa ditekan.

10. Memiliki asuransi mobil

Jangan sampai saat perawatan mobil matic telah dilakukan, kamu justru tidak memiliki asuransi mobil. Kamu bisa menggunakan asuransi mobil all risk di Qoala dengan jaminan keamanan kendaraan dapat kamu nikmati setiap saat. Manfaat perlindungannya pun menyeluruh, mulai dari penggantian biaya servis akibat kecelakaan, bencana, hingga risiko pencurian.

 

Itulah 10 cara untuk merawat mobil matic milikmu. Selalu pastikan untuk memeriksa kendaraanmu jika dicurigai ada kerusakan. Lakukan juga pengecekan rutin di bengkel langgananmu. Pada akhirnya, biaya perawatan mobil yang tinggi tentunya tidak perlu kamu khawatirkan lagi apabila kamu sudah memberikan perlindungan bagi mobilmu dengan asuransi mobil yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here