PKS Tolak RUU HIP Karena 3 Alasan

179
PKS

Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) kini tengah ramai diperbincangkan. Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera, Mardani Ali Sera mengatakan jika PKS menolak RUU HIP ini atas tiga hal.

Pertama, kata Mardani, RUU HIP ini banyak secara konten tidak sesuai karena ada wacana perubahan pancasila menjadi trisila atau ekasila. Selain itu, perubahan makna ketuhanan pun patut dipersoalkan.

Tak hanya dari konten. Waktu pembahasan yang dilakukan di tengah pandemi pun dikritik oleh PKS. Menurut Mardani, dengan dibahasanya RUU HIP di tengah pandemi membuat semua bahasan menjadi lebih terbatas.

“Yang kedua, kita menolak karena prosedurnya membahas sesuatu yang fundamental yaitu dasar negara tetapi di dalam kondisi pandemi yang tidak efektif sehingga kita tidak punya waktu untuk melakukan konsultasi publik,” kata Mardani saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu (15/6/2020).

Ketiga, sambung Mardani, Pancasila sebagai ideologi tak seharusnya dibahas lagi. Dengan demikian RUU HIP sebetulnya tak perlu lagi dibahas.

“Secara ideologi, bangsa Indonesia ini sudah selesai, jangan dibawa lagi ke pertarungan ideologi,” tegasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : prfmnews 

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here