Mau Kabur, Intelijen Militer China Tertangkap di Los Angeles

242
VIVA Militer: Prajurit Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)

Seorang warga negara China ditangkap di Bandara Internasional Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Pasca penangkapan, warga negara China ini diketahui adalah seorang agen intelijen Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari South China Morning Post, pria ini bernama Xin Wang. Wang adalah seorang peneliti ilmiah yang dikirim untuk menjalankan misi dari atasannya di sebuah laboratorium di China.

Misi Wang dikirim ke AS adalah mengamati tata letak Bandara Internasional Los Angeles. Wang juga sempat mendapatkan data dari University of California, San Francisco (UCSF) dan membawa kembali informasi tentang cara mereplikasi ke China.

Penangkapan Wang juga dikonfirmasi oleh Departemen Kehakiman AS. Dalam pernyataan Departemen Kehakiman AS, Wang disebut telah mencuri data dan mengirimnya via email ke laboratorium milik Tentara Pembebasan Rakyat China.

Tak diketahui sudah berapa lama Wang menjalankan misinya di AS. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan Wang di UCSF didanai oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS dan Institut Kesehatan Nasional (NIH).

Agar tak mencurigakan otoritas keamanan bandara, Wang disebut juga sempat menghapus pesannya dalam aplilkasi WeChat dalam ponselnya.

Tak main-main, Wang dituduh melakukan pernyataan palsu dalam permohonan visanya. Akibatnya, Wang terancam hukuman 10 tahun penjara, dan denda sebesar US$250.000, atau setara dengan Rp3,5 miliar.

Sumber Berita / Artikel Asli : VIVA

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here