Jatuh Miskin Saat Pandemi, ‘Banyak Artis Pandai Cari Duit, tapi Enggak Pintar Ngatur Keuangan’

232
Aakar Abyasa, Financial Advisor saat tampil di Podcast Deddy Corbuzier, Rabu (10/6/2020).

 PANDEMI Covid-19 mempengaruhi berbagai sisi kehidupan masyarakat, tak terkeculi para selebiriti, yang harus menerima kenyataan job turun dratis.

Pendapatan yang biasanya berlimpah karena tampil off air juga live kini terpaksa berkurang jauh, lantaran banyak pekerjaan ditunda dan dibatalkan demi meminimalisir penyebaran virus asal Wuhan itu.

Imbasnya, banyak artis yang dikabarkan jatuh miskin, disebabkan pendapatan macet sementara banyak cicilan harus dibayar.

Pengamat Keuangan (Financial Advisor), Aakar Abyasa saat tampil di Podcast Deddy Corbuzier, Rabu (10/6/2020), menjelaskan semua itu bisa terjadi lantaran banyak artis yang tidak pandai mengatur keuangan.

“Mau bagaimana, soalnya banyak artis yang pandai cari duit, tapi lack of management. Banyak yang enggak pinatr ngatur keuangan,” tegasnya dalam Podcast bertajuk ‘Artis2 Jatuh Miskin Hadeuh’.

Aakar mencontoh salah satu kenalannya seorang artis yang sebulannya biasanya penghasilannya Rp300 juta sebulan, tak bisa memiliki rumah meski memiliki barang branded. “Ada artis yang pendapatanya Rp300-an juta sebulan, sudah hampir 10 tahun berkarir. Waktu gue ketemu aset yang dia punya, satu mobil, rumah nyewa, dan sederet barang branded,” jelasnya.

Dia menyebutkan faktanya banyak artis yang lebih suka gaya-gayaan dengan membeli barang branded daripada menyimpan uang untuk menjaga-jaga ketika ada musibah, salah satunya seperti Covid ini.

“Banyak artis yang adjusment life style. Banyak artis yang gaulnya dinaikin, barangnya dibuat branded. Mereka duitnya banyak tapi ngabisinnya langsung duar. Karena ngerasa gampang dapat duit selama ini,” tuturnya.

Pun demikian, dia tak mencap semua artis suka berfoya-foya. “Kita enggak mengeneralisir, ada juga artis-artis jaman sekarang yang sudah jago ngatur duit, contohnya yang di depan saya ini (Deddy Corbuzier),” ungkapnya.

Dia mengurai Deddy Corbuzier, salah satu artis yang pintar membaca situasi hingga sukses dengan kehadiran Podcastnya. Sehingga saat artis lain merindukan manggung dan job, Deddy tetap jalan dengan Channel Youtube-nya. “Ini kan luar biasa, Popcast ini luar biasa,” sebutnya.

Aakar memaparkan memang kenyataannya persentase orang Indonesia yang hobi menabung sangat kecil. “Saving ratio kita orang Indonesia yang babung yang punya incone di atas UMR enggak sampai 30 persen,” lanjutnya.

“Kita ngomong duit tabu. Di tempat kita ngomong uang lebih tahu dibanding ngomongin sex, makanya banyak keruwetan yang tak terungkap ke publik,” tegasnya.

Aakar menjelaskan di tengah situasi pandemi saat ini, dia menyarankan publik untuk bisa benar-benar outstanding dengann memanfaatkan berbagai peluang.

“Kan memang setiap krisis kita mengeluarkan orang kaya baru, orang miskin baru. Duit itu kan cuma pindah. Kita enggak bisa menutup mata juataan orang menangis (di situasi ini), ada jutaan orang juga naik. Itu harus terjadi. Makanya, di siatuasi sekarang sekalian makanya di status sekarang selain selogic mungkin kita harus punya kreativity,” bebernya.

“Kalau kalian di posisi PHK, lagi enggak ada duit, yang pertama dilakukan survive. Kalain punya aset pikirin untuk hidup untuk beberapa bulan ke depan. Segera move on, ada banyak peluang. Lu jangan fokus jualan masker, jualan packagingnya bisa survive, Kadang masyarakat suka latah lagi rame. Padahal kalau kita jeli solusi yang ada banyak,” jelasnya.

Semua ini kata Aakar sejatinya harus dilakukan ada atau tidak ada Covid-19 untuk bisa bertahan dalam konsisi terpuruk apapun.

Sumber Berita / Artikel Asli : pojoksatu

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here