Wali Kota Muslim London akan Ganti Patung dan Nama Jalan yang Terkait Perbudakan

142
Wali Kota London, Sadiq Khan

London – Wali Kota London, Sadiq Khan, yang beragama Islam, mengusulkan penggantian patung dan nama jalan di ibu kota Inggris yang terkait dengan perbudakan. Patung dan nama-nama jalan di London yang berhubungan dengan perbudakan harus diturunkan.

“Patung-patung dan nama-nama jalan di London yang terkait dengan perbudakan harus diturunkan”, kata wali kota Muslim itu, kepada BBC.

Langkah wali kota itu muncul setelah para pemrotes Black Lives Matter (BLM) di Bristol menurunkan dan menumbangkan patung pedagang budak Edward Colston dalam sebuah video yang beredar luas. Menurut BBC, komisi yang baru dibentuk akan meninjau mural London, seni jalanan, nama jalan, patung, dan peringatan lainnya dan membuat rekomendasi tentang warisan mana yang harus disimpan.

Khan mengatakan bahwa London memiliki fakta yang tidak menyenangkan terkait historis dengan perbudakan. “Bangsa dan kota kita berutang sebagian besar kekayaannya dan perannya dalam perdagangan budak,” katanya.

Lebih dari 100.000 orang menandatangani petisi online yang menyerukan penghapusan patung dan monumen kontroversial di sekitar ibu kota.

Protes BLM yang diprakarsai di Amerika Serikat (AS) dihidupkan kembali secara global setelah kematian George Floyd akibat kebrutalan polisi kulit putih di Minneapolis. Gerakan itu juga mendorong dua merek teh top Inggris untuk menyuarakan dukungan mereka untuk menolak rasisme dengan tagar #solidaritea. (NE)

Sumber Berita / Artikel Asli : Indonesia Inside

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here