Anies Baswedan Tunjuk Sardjono Jhony Jadi Dirut Transjakarta

113
Mantan Direktur Utama Merpati Nusantara Airlines, Sardjono Jhony. ANTARA/Rosa Panggabean

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk Sardjono Jhony Tjitrokusumo sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta. Penunjukkan itu dilakukan melalui rapat umum pemegang saham (RUPS) sirkuler yang ditandatangani Kamis, 28 Mei 2020.

Sekretaris Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah Jakarta Riyadi menjelaskan Sardjono ditunjuk jadi kemudi utama Transjakarta karena dinilai memiliki kompetensi. “Dia juga punya pengalaman di korporasi karena pernah menjadi direksi di perusahaan negara,” katanya seperti dikutip Koran Tempo, Jumat, 29 Mei 2020.

Pada Januari lalu Anies menunjuk Donny Andy Saragih sebagai Direktur Utama Transjakarta. Namun, Donny hanya menjabat sebagai orang nomor satu di perusahaan daerah itu kurang dari sepekan.

Anies mencopot Donny karena ia terlibat kasus penipuan dan pemerasan. Bahkan kasus itu telah inkrah di Mahkamah Agung dengan hukuman dua tahun penjara.

Sardjono, kata Riyadi, mendapatkan tugas dari Anies untuk meningkatkan pelayanan Transjakarta. Selain itu, ia juga diminta untuk mempercepat integrasi angkutan umum di Ibu Kota dalam program JakLingko.

Tempo berupaya mengonfirmasi penunjukkan Sardjono sebagai Direkur Utama Transjakarta. Namun, telepon dan pesan elektronik Tempo tak kunjung dibalas hingga tenggat tulisan.

Pada 2017, Sardjono ditunjuk sebagai Direktur Hubungan Internasional dan Pengembangan Usaha Angkasa Pura I. Dia pernah menjadi pilot di Merpati Airlines pada 1991 hingga 2004 dan pilot Qatar Airways pada periode 2006-2007. Pada 2008, ia menjadi pilot senior Etihad Airways.

Sumber Berita / Artikel Asli : Tempo

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here