SERU!! Luhut Ngotot Datangkan TKA China, Bossman Mardigu Bongkar Apa Yang Terjadi di KONAWE

16654

Sebanyak 500 tenaga kerja asing asal Cina akan tiba di Konawe, Sulawesi Tenggara, sekitar Juni atau Juli mendatang. Saat ini perusahaan yang menaungi pekerja itu, PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) sedang menyelesaikan proses perizinannya.

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan memastikan saat bincang khusus bersama Radio Republik Indonesia atau RRI, Minggu (9/5/2020).

Luhut mengungkapkan, kedua perusahaan tersebut tengah membangun pabrik HPAL (high perssure acid leaching) guna membangun industri baterai lithium, di mana nikel merupakan bahan baku produk tersebut.

Menurut Luhut, para TKA tersebut merupakan pekerja yang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut, yang tak bisa digantikan orang lain. Dia mengatakan saat ini Indonesia belum memiliki teknologi guna membangun industri tersebut.

“Kami kerjakanlah ini, nanti tenaga asing yang mengerjakan dan setelah itu bersamaan tenaga kerja Indonesia masuk, teknologi kan dari dia, kami enggak bisa dong ngerjain semua, tetap ada asing,” kata Luhut.

Setelah proyek ini selesai, kata Luhut, para TKA Cina tersebut akan dikurangi dan digantikan dengan pekerja dari dalam negeri hingga sekitar 92 persen dari total pekerja yang dibutuhkan.

Luhut memperkirakan pada 2023, Indonesia akan memasuki rantai pasok global dalam baterai lithium. Namun demi mencapai tujuan tersebut, menurutnya, harus ada perantara, seperti pertukaran teknologi saat ini yang terjadi antara Indonesia dan Cina.

“Enggak bisa Indonesia bikin sendiri. Teknologi Indonesia belum sampai. Jangan kita tambah lagi bahwa TKA ini mengontrol kita, enggak bener itu,” tutup Luhut, seperti dilansir indonews.

Mardigu Wowiek Bongkar Konawe

Hampir semua orang yang aktif di medsos dan grup-grup chatting politik dan ekonomi mengetahui siapa Mardigu Wowiek yang akrab dengan sebutan Bossman Sontoloyo. Dia sosok unik, cerdas, dan kritik-kritiknya menohok, ditambah lagi cara bicaranya yang khas hampir membuat semua postingannya menjadi viral.

Video-videonya tentang kritik sekaligus solusi untuk berbagai permasalahan ekonomi Indonesia sangat menarik, cerdas namun juga tajam atau malah cenderung menghujam bagi pemangku kekuasaan.

Siapa sebenarnya Mardigu Wowiek ini? Sekadar diketahui Mardigu adalah Owner PT Titis Sampurna, PT Empora Gaharu, Narapatih Mind & Mental Clinic, Founder Rumah Yatim Indonesia. Selain itu ia juga seorang pakar Micro Expressions.

Berikut kritik tajam Mardigu tentang Konawe yang dijadikan tempat pabrik-pabrik kerjasama dengan China.

[Video]

https://web.facebook.com/wowiek/videos/538372883465665/

Sumber Berita / Artikel Asli : Portal Islam

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here