Bayar Uang Komitmen Formula E, Pemprov DKI Tuai Kritik

216
Formula E

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta telah membayar commitment fee Formula E tahun 2021 sebesar Rp200 miliar dari total tagihan Rp396 miliar. Hal ini menuai kritik dari Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Anggara Wicitra Sastroamidjojo.

Anggara mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 seharusnya prioritas anggaran untuk penanganan wabah virus tersebut. Terlebih, DKI Jakarta tercatat memiliki kasus positif terbanyak se-Indonesia.

“Balapan tahun 2020 ini saja belum jelas apakah akan dilaksanakan, kok malah sudah bayar commitment fee untuk balapan tahun depan 2021. Zaman susah begini rakyat butuh sembako, bukan balapan mobil,” kata Anggara kepada wartawan, Selasa (21/4/2020).

Lebih lanjut dia menuturkan, dampak Covid-19 terhadap keuangan daerah tak bisa dianggap sepele. Menururnya, realisasi pendapatan daerah dalam APBD tahun 2020 akan defisit sekitar Rp40 triliun.

“Yang saya heran, di tengah ancaman defisit anggaran, bisa-bisanya Pemprov malah memprioritaskan bayar commitment fee. Padahal, dengan harga sembako Rp149.500 per paket, duit commitment fee Rp200 miliar itu bisa dipakai beli tambahan sembako untuk 1,3 juta keluarga,” tegasnya.

Di sisi lain, Anggara mempertanyakan bantuan tunai yang dijanjikan Pemprov DKI terhadap warga miskin di Jakarta. Kata dia, nominal bantuan tidak sesuai dengan janji Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Pak Gubernur berjanji tiap keluarga miskin akan dapat Rp 1 juta per bulan. Tidak berapa lama, angkanya turun jadi Rp600 ribu per bulan. Belakangan, realisasinya cuma Rp 299 ribu per bulan. Saya ingatkan, Pemprov DKI bekerja untuk warga Jakarta, bukan ke panitia balapan mobil,” jelasnya.

Anggara menduga nilai bantuan sosial yang terus berkurang ini disebabkan oleh realisasi pendapatan daerah yang jauh dari target. Sejauh ini, realisasinya baru Rp 11,8 triliun atau sekitar 14,4 persen dari target.

Sumber Berita / Artikel Asli : Ayojakarta

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here