Waspadai Penyebaran Virus Corona, PMI DKI Jakarta Bagikan Ribuan PHBS

287
Waspadai Penyebaran Virus Corona, PMI DKI Jakarta Bagikan Ribuan PHBS

JAKARTA – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan penyemprotan disinfektan dan membagikan ribuan paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ribuan paket PHBS tersebut diberikan PMI DKI kepada masyarakat menengah kebawah yang terdampak pada pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di saat virus corona (COVID-19) mewabah, Senin (13/4/2020).

“Kali ini titik penyemprotan disinfektan dilakukan di kelurahan yang terdampak Covid-19 dan pada pemberlakuan PSBB di Wilayah Kecamatan Tebet.

Sesuai yang dilaporkan para lurah di kawasan Tebet ini,” ujar Aguy Kartasasmita, selaku Ketua Bidang Penanganan Bencana dan Kasatgas Penanganan Covid-19 PMI DKI Jakarta, ditemui di Kecamatan Tebet, Senin (13/4/2020).

Aguy menambahkan, ini merupakan program PMI sehingga kita bagikan sebanyak 2000 paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat menengah kebawah yang membutuhkan di wilayah Kecamatan Tebet ini.

“Adapun di DKI Jakarta, kali ini wilayah Tebet, Jakarta Selatan, bantuan dibagikan untuk masyarakat menengah kebawah yang terdampak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Paket tersebut berisi antaralain masker kain 3 buah, masker bedah 2 buah, sabun batang 2 buah dan 1 kotak teh,” ujar Aguy.

Aguy menambahkan, sekaligus pihaknya PMI DKI Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan di kelurahan yang ada di Kecamatan Tebet ini.

Perlu diketahui bahwa PMI memiliki 35 buah tangki dan 100 mobil Grandmax untuk melakukan penyemprotan.

Lanjut Aguy, personil PMI DKI yang kita turunkan pada hari ini ada 60 personil PMI DKI Jakarta.

Tentunya, kata Aguy, tidak hanya di wilayah Tebet saja, setiap Kecamatan di DKI Jakarta akan kita hampiri.

“Kemarin di wilayah Pancoran juga kita bagikan paket PHBS dan dilakukan penyemprotan,” ujar pria mengenakan kaos PMI dan mengenakan masker itu.

Aguy menambahkan, ini merupakan gelombang kedua yang telah digeber pihaknya. Rencananya juga di seluruh kecamatan di Jakarta akan dilakukan hal yang sama. “Ya semuanya dari masyarakat untuk masyarakat,” tandasnya.

Informasi yang dihimpun sementara oleh PMI, untuk di DKI Jakarta sendiri telah dilakukan penyemprotan disinfektan di 3500 titik lokasi penyemprotan oleh PMI DKI Jakarta. Sedangkan hingga tanggal 3 April 2020 lalu, sudah ada sebanyak 1800 sekolah telah dilakukan penyemprotan dengan disinfektan.

Bersamaan dengan itu pula, total paket PHBS sebanyak 200 ribuan terus didistribusikan ke lima wilayah di DKI Jakarta. “Masing-masing wilayah kebagian 40 ribu paket,” katanya.

Aguy mengimbau kepada warga masyarakat kami mohon untuk mematuhi aturan pemerintah terlebih di masa pemberlakuan PSBB ini.

Hal ini dilakukan supaya dapat memotong mata rantai penyebaran Covid-19. “Hanya dengan bertahan di rumah maka virus corona ini bisa terputus.

Semakin kita patuh pada aturan maka semakin cepat kita kembali hidup normal seperti biasa,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Ali Reza, Ketua PMI DKI Jakarta turut hadir dalam pelaksanaan penyemprotan dan pembagian ribuan paket Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kecamatan Tebet tersebut.

Sumber Berita / Artikel Asli : pojoksatu

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here