Sepekan Positif Virus Corona, Kondisi Menhub Budi Karya Sumadi Kini Stabil

196

Kondisi kesehatan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi semakin membaik, setelah dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19.

Kekinian, Budi Karya Sumadi dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, saat menghadiri diskusi bertajuk Ujian Kebersamaan Kita, Sabtu (21/3/2020) mengatakan, kondisi kesehatan Budi Karya berangsur-angsur membaik.

“Saya sempat dua hari lalu ke RSPAD, dan dia semakin membaik situasinya. Seperti yang digambarkan oleh dokter di RSPAD,” kata Fadjroel.

Fadjroel menuturkan, Budi Karya merupakan salah satu menteri yang berada di garis terdepan saat pemerintah melakukan evakuasi WNI dari Wuhan, China.

Budi Karya, kata dia, juga menjadi ujung tombak saat pemulakan WNI dari  dalam 2 kapal terinfeksi corona, yakni Kapal World Dream dan Kapal Diamond Princess.

Karena itu,  kata Fadjroel, Budi Karya pantas untuk didoakan kesembuhannya oleh masyarakat Indonesia.

“Doakan beliau sehat. Karena beliaulah di garis terdepan 238 WNI dari Hubei, Wuhan, ketika penyelamatan 188 ABK World Dream, dan 69 WNI Diamond Princess, sehingga tahap pertama itu yang kena. Kita betul-betul menyayangkan dia yang terdampak positif,” kata Fadjroel.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkit virus corona dengan nomor kasus ke 76.

Budi Karya dinyatakan positif setelah mengalami sakit yang cukup lama sehingga mengalami sesak nafas.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati juga memastikan kondisi terkini Budi Karya semakin membaik dan stabil.

“Pak Menhub kondisinya semakin membaik dan semakin stabil, hasil rontgen juga menunjukkan adanya perbaikan”, kata Adita.

Adita mengatakan, informasi tersebut didapat langsung dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat rapat koordinasi.

Ia juga meminta doa para rekan-rekan media agar menteri yang akrab disapa “Pak BKS” itu segera pulih dan kembali beraktivitas.

“Kita doakan Pak Menhub bisa pulih dan bisa beraktivitas kembali,” ujarnya.

Namun, Adita tidak mengetahui perkembangan kesehatan secara rinci karena informasi kesehatan para positif corona dijaga oleh Kemenkes.

“Pak Terawan menyampaikan secara umum, bahwa Pak Menhub semakin membaik dari hari ke hari,” katanya.

Pada 14 Maret lalu, Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 setelah beberapa waktu terakhir dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Hingga 20 Maret 2020 terdapat 60 tambahan kasus baru COVID-19 sehingga total pasien yang terinfeksi SARS CoV-2 di Indonesia menjadi 369 kasus.

Pemerintah Indonesia telah menyiapkan 132 rumah sakit rujukan daerah untuk penanganan COVID-19. Sejumlah rumah sakit milik TNI, Kepolisian RI dan BUMN serta swasta juga siap untuk ikut merawat penderita COVID-19.

Presiden Joko Widodo juga telah memutuskan untuk segera melakukan tes cepat (rapid test) untuk mendeteksi pola penyebaran virus corona.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here