Prabowo Ijin Gunakan Pesawat TNI ke Tiongkok, Ternyata..

483

JAKARTA- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ikut turun tangan dalam upaya melawan penyebaran virus corona (COVID-19).

Mantan Danjen Kopassus itu telah meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyediakan pesawat guna mengambil alat kesehatan di Shanghai, Tiongkok.

Prabowo menyampaikan permintaannya Rabu (18/3) melalui surat bernomor B/667/M/III/2020 tentang Pengambilan Alat Kesehatan.

“Menhan Prabowo Subianto meminta penggunaan pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai,” kata Juru Bicara Menhan RI Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/3).

Permintaan Prabowo ke Hadi tersbut sesuai dengan hasil rapat terbatas dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Maret 2020.

Alat kesehatan yang akan diambil dari Tiongkok itu diharapkan bisa membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam menekan wabah corona di Indonesia.

Adapun alat kesehatan yang akan dijemput menggunakan pesawat TNI adalah disposable masks, N95 masks, protective clothing (pakaian pelindung), goggles (kacamata), gloves (sarung tangan), shoe covers (penutup sepatu), infrared thermometer (termimeter infrmamerah) dan surgical caps atau penutup kepala untuk tenaga medis.

“Nantinya bisa digunakan oleh tim medis Kemenhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 dan para dokter yang sudah berjuang di lapangan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran coronavirus,” tutur Dahnil.

Mantan ketua umum Pemuda Muhammadiyah itu menambahkan, TNI akan memberangkatkan pesawatnya ke Tiongkok paling lambat dua hari ke depan.

Dahnil tidak memerinci jumlah pasti alat kesehatan yang didatangkan dari Tiongkok.

“Segera satu atau dua hari ini (pesawat akan diberangkatkan). Untuk barang itu G to G (government to government, red), hibah,” dia.

Sumber Berita / Artikel Asli : pojoksatu/jpnn

Berikan Komentar Anda :

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here