Gunakan Babi Sebagai Uji Coba Tabrak Mobil, Lembaga Riset China Ini Diamuk Netizen

70

Tes uji coba lalu lintas biasa nya digunakan untuk mengembangkan sarana keselamatan dalam satu produsen kendaraan.

Biasanya subjek yang digunakan dalam tes ini adalah sebuah boneka manekin seukuran manusia. Namun, masih ada pihak yang menggunakan makhluk hidup sebagai tes uji coba.

Lembaga Riset Lalu Lintas Cina mendapat kecaman dari PETA karena mereka menggunakan babi hidup sebagai bahan uji coba dampak tabrakan mobil.

Babi-babi yang masih berumur 70-80 hari digunakan untuk menguji coba seberapa parah kondisinya setelah ditabrakkan ke dinding.

Mereka didudukkan di carseat simulator mobil dan dipasang sabuk pengaman dengan cara pengikatan berbeda-beda, ada yang diagonal, ada juga yang melindungi dada dan perut.

Masing-masing ditabrakkan 1 kali dengan kecepatan 30-50 km/jam.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, alasan mereka menggunakan hewan babi sebagai subjek uji coba menurut mereka karena struktur anatomi babi muda sama seperti struktur anak manusia yang berumur 6 tahun.

Tapi anggapan menyamakan babi sama bocah 6 tahun dibantah oleh Jason Baker, Wakil Presiden Senior Kampanye Internasional PETA.

Katanya, anatomi babi dan manusia itu berbeda, sehingga hasilnya pun tidak akan akurat.

Menurut Jason, banyak cara lain yang sudah canggih dibanding menggunakan hewan sebagai alat uji coba, seperti menggunakan studi klinis manusia, pemodelan komputer canggih, pencitraan medis 3D dan maneken.

Produsen-produsen mobil pun sudah lama meninggalkan cara-cara tradisional yang melibatkan hewan sebagai bahan uji coba.

Namun, biaya yang dibutuhkan kalau pakai teknologi canggih masih terbilang mahal, jauh lebih efisien kalau mereka pakai hewan.

Jadi dengan menggunakan hewan, biaya yang di keluarkan akan lebih sedikit. Memang hal ini jadi dilema tersendiri.

Mungkin permasalahan ini bisa diselesaikan jika pemerintah bisa lebih menggelontorkan dana demi kepentingan riset ilmiah dan ilmu pengetahuan. Gimana menurut kalian?

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here